Pulau Bunyu, Aggregator Blogger Pulau Bunyu, Blogger Pulau Bunyu, Kalimantan Timur

Daftar Blog Saya

Kegiatan blogging



Apa yang dimaksud dengan blogging? Istilah blogging memiliki kata dasar "blog". Blog atau sering juga disebut dengan nama weblog bisa dianggap sebagai website atau situs. Sebenarnya tidak ada perbedaan teknis antara sebuah weblog (blog) dengan website. Semua menu dan fasilitas yang dimiliki sebuah website bisa juga dimiliki oleh sebuah blog. Begitu juga sebaliknya. Yang membedakan kedua bentuk alat publikasi melalui internet ini mungkin pada karakteristik pengelolaannya. Sebuah blog atau weblog biasanya lebih bersifat pribadi atau personal pada materi maupun cara pengelolaannya dibanding sebuah website, terlebih pada website yang berfungsi sebagai media mainstream. Website seperti itu membutuhkan keterlibatan lebih dari satu personil untuk mengelolanya.

Beberapa tahun yang lalu, orang menganggap bahwa sebuah weblog lebih bersifat interaktif jika dibandingkan dengan website karena weblog memiliki form komentar bagi pembaca pada setiap posting atau tulisan di weblog tersebut. Tapi sekarang kondisinya tidak jauh berbeda. Sudah ada beberapa website yang misalnya berfungsi sebagai portal berita yang juga menyediakan form komentar pembaca yang biasanya dimiliki weblog. Meskipun mungkin baru terbatas pada fitur dan jenis materi tulisan tertentu.

Jadi, memang bisa dikatakan bahwa secara teknis bahwa website dan blog memiliki kesamaan. Keduanya bisa menggunakan platform atau engine situs yang sama, cara kustomisasi domain dan hosting juga sama, begitu juga dengan penggunaan script. Dan saya lebih memilih sifat pengelolaannya yang membedakan kedua jenis situs tersebut. Weblog jauh lebih personal dalam pengelolaan maupun dalam penulisan materi isi. Tentu saja kecenderungan sifat tulisan pada weblog menjadi tidak etis jika digunakan misalnya pada situs portal berita. Menginformasikan sebuah peristiwa melalui situs berita harus bersifat obyektif berdasarkan sudut pandang jurnalistik. Tidak etis dan tidak dibenarkan menggunakan pendapat pribadi dalam penyampaian berita.

Sampai disini mungkin dapat disimpulkan bahwa istilah blogging adalah bentuk dari kegiatan dalam pengelolaan sebuah situs secara pribadi atau personal. Situs pribadi seperti ini biasa disebut sebagai personal weblog. Materi tulisan dibuat sendiri oleh si pemilik tanpa harus membentuk tim penyusun tulisan, tanpa diperiksa dulu dari bagian editor, dan untuk mempublikasikan tulisannya itu di blognya, tanpa membutuhkan persetujuan dari dewan redaksi. Kebebasan seperti itu tidak akan terjadi pada website yang berfungsi sebagai media mainstream.

Dewasa ini sudah banyak orang yang melakukan kegiatan blogging. Di Indonesia saja jumlahnya sudah ribuan. Terlebih dengan banyaknya penyedia layanan blogging gratis. Dari sekian banyak penyedia layanan blogging gratis, yang terkenal misalnya layanan dari blogger.com dan wordpress.com. Itu layanan dari luar negeri. Dan sudah ada juga beberapa layanan blogging gratis yang disediakan oleh beberapa pihak dari Indonesia. Misalnya blogdetik.com dan dagdigdug.com. Layanan blogging gratis seperti itu banyak dijumpai di dunia internet.

Karena itu, mengapa Anda tidak melakukan kegiatan blogging? Tahukah Anda, memiliki dan mengelola sebuah weblog pribadi adalah kegiatan online yang selalu menjadi trend dari waktu ke waktu. Yang perlu digaris-bawahi, membuat sebuah weblog pribadi itu sangatlah mudah. Yang tidak mudah adalah selalu melakukan update pada weblog pribadi milik Anda sehingga weblog tersebut bisa memiliki jumlah pengunjung yang makin banyak. Jika weblog yang Anda miliki punya banyak pengunjung, dalam angka ratusan bahkan ribuan pengunjung per hari, weblog tersebut bisa Anda jadikan ladang uang. Meskipun weblog itu dibuat dan dikelola secara gratis. Sudah banyak contohnya.


  1. BUSINESS PLAN KSU-NUARI, Koperasi Online dengan potensi SHU bulanan hingga jutaan rupiah.
  2. BISNIS TIKET PESAWAT, cara mudah berbisnis tiket penumpang pesawat terbang
  3. PULSAGRAM, Layanan Isi Ulang Pulsa Elektronik yang terbaik.
  4. ASET MANDIRI, investasi online dengan keuntungan melimpah.
  5. KURSUS ONLINE, tempat belajar membuat website sendiri yang menghasilkan uang.
  6. KOMISI GRATIS, Program Bisnis Online Yang Serba Gratis.
  7. Software Pengirim Iklan Otomatis ke ratusan situs iklan baris gratis.
  8. RumahWeb, penyedia layanan domain dan hosting murah dan berkualitas.

tulisan terbaru dengan kategori yang sama :


Komentar :

ada 0 comments ke “Kegiatan blogging”

Posting Komentar

 

KLIK DISINI UNTUK KEMBALI KEATAS

Pulau Bunyu, Aggregator Blogger Pulau Bunyu, Blogger Pulau Bunyu, Kalimantan Timur