Pulau Bunyu, Aggregator Blogger Pulau Bunyu, Blogger Pulau Bunyu, Kalimantan Timur

Daftar Blog Saya

Tentang Pulau Bunyu - Kalimantan Timur



Jika dilihat dari ukurannya, pulau Bunyu memang termasuk pulau yang kecil. Luasnya hanya 198,32 KM². Jika dilihat menggunakan aplikasi google earth pada kepulauan Indonesia secara global, pulau ini memang hampir tidak terlihat. Setelah di-zoom beberapa kali pada ujung utara Kalimantan, baru deh pulau Bunyu mulai tampak. Bersebelahan dengan pulau Tarakan yang ukurannya agak lebih besar sedikit.

Sebagian besar pemukiman penduduk di Pulau Bunyu terpusat di bagian tenggara pulau. Penduduk asli pulau ini adalah suku Tidung. Tapi setelah masuknya industri minyak dan gas bumi di pulau Bunyu para pendatang dari daerah lain telah membuat masyarakat Bunyu menjadi lebih beragam. Komposisi etnik masyarakat pulau Bunyu begitu heterogen. Tapi stastik sekarang menunjukkan bahwa mayoritasnya adalah dari etnik Jawa dan Sulawesi Selatan kemudian disusul etnik lainnya. Keberagaman etnik ini tidak menjadi kendala dalam pergaulan sehari-hari. Sebagian besar dari pendatang memang sudah menetap di Bunyu sejak lama. Sebutan yang ada sekarang adalah orang Bunyu, bukan orang dari etnik lainnya.

Sejak beberapa puluh tahun sebagian besar masyarakat Bunyu bekerja sebagai karyawan Pertamina. Sebuah industri migas yang telah dimulai sejak tahun 1929 ini memang menyerap tenaga kerja yang cukup banyak. Setelah kilang methanol diambil alih oleh Medco Energi, maka saat ini ada dua perusahaan nasional di pulau Bunyu. Yaitu PT. Pertamina Field Bunyu yang lebih banyak bergerak dalam exloprasi minyak dan gas bumi. Dan PT. Medco Methanol Bunyu yang memproduksi methanol tapi belakang perusahaan ini tidak mampu lagi melakukan produksi dan menghentikan kegiatan operasionalnya. Tentu saja tidak semua penduduk bekerja pada dua perusahaan ini. Sebagian berkarier sebagai pegawai negeri, pedagang, nelayan dan petani. Dan saat ini penambangan batu-bara juga sudah ikut berkiprah di Bunyu sehingga memberikan kesempatan kerja yang lebih banyak lagi bagi masyarakat pulau Bunyu.

Pulau Bunyu juga mempunyai beberapa tempat wisata. Barangkali yang pantas untuk disebutkan misalnya pantai Nibung dan pantai Sei Kura. Kedua pantai ini memang sudah biasa menjadi tempat berekreasi bagi masyarakat Bunyu. Bahkan di pantai Nibung beberapa kali pernah diadakan kegiatan Pesta Pantai yang kabarnya akan dijadikan agenda reguler. Gazebo Nibung Lama barangkali bisa ditambahkan juga sebagai tempat wisata di pulau Bunyu. Di tempat ini ada banyak pohon cemara yang membuat suasana jadi sejuk dan dibatasi oleh tebing pantai Nibung yang diberi pagar pipa besi sebagai pengaman. Ada juga satu tempat yang secara tidak resmi telah menjadi tujuan sebagian masyarakat Bunyu untuk sekedar jalan-jalan cari angin. Terutama pada sore dan malam hari. Dermaga Tidung.

Untuk ukuran kota kecamatan di sebuah pulau kecil sebenarnya Bunyu memiliki beberapa sarana dan fasilitas yang cukup memadai. Disini tersedia 2 pasar yang buka setiap hari dan beberapa toko, sebuah bank swasta nasional (Mandiri), puskesmas, PDAM, PLN, dan beberapa fasilitas lainnya untuk masyarakat Bunyu. Tersedia dermaga SDF untuk transportasi antar pulau. Tapi berhubung pendangkalan akibat arus laut, kegiatannya sebagian besar dipindahkan ke dermaga Tidung.

Demikian sekilas gambaran tentang pulau Bunyu. Tempat tulisan ini dipublikasikan. Sebuah pulau kecil yang punya sejarah panjang explorasi minyak dan pengolahan gas bumi. Dan tidak sedikit sumbangannya untuk penghasilan Negara.


  1. BUSINESS PLAN KSU-NUARI, Koperasi Online dengan potensi SHU bulanan hingga jutaan rupiah.
  2. BISNIS TIKET PESAWAT, cara mudah berbisnis tiket penumpang pesawat terbang
  3. PULSAGRAM, Layanan Isi Ulang Pulsa Elektronik yang terbaik.
  4. ASET MANDIRI, investasi online dengan keuntungan melimpah.
  5. KURSUS ONLINE, tempat belajar membuat website sendiri yang menghasilkan uang.
  6. KOMISI GRATIS, Program Bisnis Online Yang Serba Gratis.
  7. Software Pengirim Iklan Otomatis ke ratusan situs iklan baris gratis.
  8. RumahWeb, penyedia layanan domain dan hosting murah dan berkualitas.

tulisan terbaru dengan kategori yang sama :


Komentar :

ada 0 comments ke “Tentang Pulau Bunyu - Kalimantan Timur”

Posting Komentar

 

KLIK DISINI UNTUK KEMBALI KEATAS

Pulau Bunyu, Aggregator Blogger Pulau Bunyu, Blogger Pulau Bunyu, Kalimantan Timur