Pulau Bunyu, Aggregator Blogger Pulau Bunyu, Blogger Pulau Bunyu, Kalimantan Timur

Daftar Blog Saya

Membuat weblog dengan layanan blogger.com



Jika pada tulisan yang lalu kita sudah bercerita sedikit tentang kegiatan blogging, maka pada tulisan ini kami coba menunjukkan cara membuat sebuah weblog di layanan blogging gratis. Sebagai pilihan awal kita pilih layanan blogging gratis dari blogger.com. Ini layanan blogging yang sangat populer. Mungkin kepopulerannya hanya bisa ditandingi oleh layanan blogging gratis dari wordpress.com. Blogger.com merupakan layanan gratis bagi para penghobby kegiatan blogging yang disediakan oleh Google Inc. Bagi Anda yang baru memulai kegiatan blogging dan menyukai eksperimen dalam pengeditan sebuah weblog, maka layanan dari blogger.com ini pantas untuk dijadikan pilihan pertama.

Sebelum kita lanjutkan pokok bahasan dalam tulisan ini, penjelasan ini ditujukan bagi teman-teman yang belum pernah membuat dan mengelola sebuah blog. Jadi, sifatnya diutamakan bagi blogger pemula. Untuk blogger senior yang kebetulan membaca tulisan ini silahkan untuk menambahkan penjelasan jika dalam tulisan ini dirasa masih ada yang kurang lengkap.

Untuk bisa membuat sebuah weblog di layanan blogger.com, syarat pertama yang harus dipenuhi adalah memiliki account google. Lazimnya dikatakan sudah mempunyai alamat email di layanan email gratis gmail.com yang biasanya alamat emailnya berekstension @gmail.com. Jika belum memiliki account email di gmail.com, silahkan mendaftar disini. Pada menu pilihan bahasa yang berada di sudut kanan atas, pilihlah bahasa yang dimengerti. Jika tidak memahami bahasa asing maka pilihlah bahasa Indonesia. Untuk selanjutnya contoh yang dipaparkan disini adalah account blogger yang menggunakan bahasa Indonesia. Dan istilah weblog kita singkat menjadi blog saja. Lalu isi semua kolom isian, setelah itu klik tombol yang menyatakan bahwa Anda menerima dan mematuhi semua persyaratan dari gmail.com dan bersedia segera dibuatkan account untuk Anda.

Setelah memiliki account email di layanan gmail.com, Anda bisa melanjutkan pembuatan sebuah blog di layanan blogger.com. Untuk mengaktifkan account blogger.com Anda, silahkan klik pada link ini. Jika sedang dalam keadaan login di gmail.com, maka alamat gmail Anda sudah tercantum pada kotak yang berada di sebelah kanan bertuliskan "Google Akun" atau "Account Google". Anda hanya perlu mengisikan password atau kata sandi pada kolom dibawahnya lalu lakukan klik pad tombol bertuliskan "masuk" atau "signin".

Membuat weblog dengan layanan blogger.comSetelah beberapa saat akan muncul gambar seperti yang tampak di samping. Pada kolom "Nama Tampilan" masukkan nama yang Anda inginkan sebagai admin blog yang sedang Anda buat tersebut. Sebaiknya gunakan nama asli Anda. Kemudian klik pada kotak kecil yang terletak sebelum tulisan "Saya menerima Persyaratan dan Layanan". Lalu klik tanda panah bertuliskan "LANJUTKAN". Tunggu beberapa saat hingga Anda diantar ke halaman selanjutnya.

Membuat weblog dengan layanan blogger.comPada halaman ini Anda diminta untuk memilih nama weblog yang sedang Anda buat ini. Berhubung ini masih menjadi pengalaman pertama bagi Anda dalam membuat sebuah blog, maka pilihlah nama Anda sendiri. Nama blog diketikkan di dalam kolom yang bernama "Judul Blog". Sedangkan pada kolom "Alamat blog (URL)", Anda bisa mengisinya dengan tulisan yang mirip dengan nama blog. Tidak diperbolehkan menggunakan spasi, huruf besar, dan beberapa symbol tertentu. Teks yang menyatakan alamat URL sebuah blog atau situs harus menggunakan huruf kecil semua. Yang diminta untuk diisikan pada kolom ini lazimnya disebut sebagai subdomain. Domain induk atau domain utamanya adalah blogspot.com. Untuk memudahkan dalam membuat alamat subdomain, harap gunakan huruf kecil, angka, atau tanda minus ( - ). Terkadang system pada blogger.com tidak meluluskan alamat subdomain yang sudah kita pilih. Misalnya kita pilih alamat subdomain blog-baru di depan domain blogspot.com, tapi subdomain itu ditolak oleh blogger.com dengan sebuah informasi yang menyatakan bahwa alamat URL tersebut tidak tersedia. Ini dikarenakan mungkin alamat subdomain tersebut sudah digunakan oleh orang lain. Untuk mencobanya lagi, Anda bisa memilih nama subdomain yang lain, misalnya blog-baru-banget sehingga domain lengkapnya akan tertulis menjadi blog-baru-banget.blogspot.com. Idealnya, nama sebuah domain atau subdomain sebaiknya dipilih yang singkat atau pendek saja. Dengan pertimbangan agar mudah untuk diingat. Jika sudah siap, klik gambar tanda panah tebal bertuliskan "LANJUTKAN".

Membuat weblog dengan layanan blogger.comPada halaman berikutnya, browser internet menampilkan beberapa gambar berbentuk kotak kecil yang ada di dalam kotak yang lebih besar tersebut adalah template atau tampilan weblog yang bisa Anda pilih sesuai keinginanan Anda. Ini merupakan template standard yang disediakan oleh blogger.com. Semuanya ada 12 pilihan template. Untuk memilih template yang Anda inginkan cukup dengan melakukan klik pada gambar template yang sudah Anda pilih. Jika pilihan template sudah Anda tentukan, lakukan klik pada tanda panah tebal bertuliskan "LANJUTKAN". Tunggu beberapa saat hingga halaman selanjutnya tampil dengan sempurna.

Membuat weblog dengan layanan blogger.comPada tahap ini sebenarnya blog yang sedang Anda buat ini sudah jadi dan sudah bisa ditampilkan pada browser internet. Tapi weblog ini belum memiliki artikel atau posting. Maka sebaiknya Anda siapkan atau buatkan dulu sebuah tulisan dengan tema sesuai keinginan Anda. Sebaiknya Anda membuat tulisan sebanyak minimal tiga paragraph. Lebih banyak akan lebih bagus sepanjang tidak mengurangi mutu tulisan Anda itu. Tulisan tersebut akan diterbitkan atau dipublikasikan pada weblog yang sedang Anda buat ini sebagai artikel atau posting. Anda bisa langsung melanjutkan ke tahap berikutnya dengan melakukan klik pada gambar tanda panah tebal bertuliskan "MULAI BLOGGING".

Membuat weblog dengan layanan blogger.comHalaman ini adalah halaman untuk membuat posting atau artikel atau tulisan. Anda bisa mencantumkan judul posting yang akan Anda buat atau publikasikan di weblog Anda ini pada kolom "Judul :". Pada kotak yang lebih besar yang berada dibawah kolom judul adalah tempat Anda menuliskan artikel atau posting yang Anda buat. Sedangkan kolom panjang yang terletak dibawah kotak posting bisa Anda isikan label atau kategori artikel / posting Anda tersebut. Misalnya Anda sedang menulis artikel tentang olah-raga, maka Anda bisa mengisinya dengan tulisan "olah-raga". Jika posting / artikel itu sudah selesai Anda buat, lakukan klik kotak berwarna merah yang bertuliskan "TERBITKAN ENTRI". Maka posting atau artikel Anda tersebut secara otomatis ditampilkan pada halaman weblog Anda. Cara melihat tampilan weblog milik Anda ini cukup dengan melakukan pada tulisan "Lihat Blog" atau "View Blog" yang terletak diatas. Jika ada yang dirasa kurang jelas, silahkan bertanya dengan menggunakan kotak fasilitas komentar yang terletak dibawah tulisan ini.


  1. BUSINESS PLAN KSU-NUARI, Koperasi Online dengan potensi SHU bulanan hingga jutaan rupiah.
  2. BISNIS TIKET PESAWAT, cara mudah berbisnis tiket penumpang pesawat terbang
  3. PULSAGRAM, Layanan Isi Ulang Pulsa Elektronik yang terbaik.
  4. ASET MANDIRI, investasi online dengan keuntungan melimpah.
  5. KURSUS ONLINE, tempat belajar membuat website sendiri yang menghasilkan uang.
  6. KOMISI GRATIS, Program Bisnis Online Yang Serba Gratis.
  7. Software Pengirim Iklan Otomatis ke ratusan situs iklan baris gratis.
  8. RumahWeb, penyedia layanan domain dan hosting murah dan berkualitas.

tulisan terbaru dengan kategori yang sama :


Komentar :

ada 0 comments ke “Membuat weblog dengan layanan blogger.com”

Posting Komentar

 

KLIK DISINI UNTUK KEMBALI KEATAS

Pulau Bunyu, Aggregator Blogger Pulau Bunyu, Blogger Pulau Bunyu, Kalimantan Timur